Sabtu, 03 Januari 2015

Kecantikan Pantai Berpasir Merah Muda di Taman Nasional Komodo

Komodo memang menjadi daya tarik utama wisatawan mengunjungi Pulau Komodo. Namun, ternyata masih ada tempat lain yang layak untuk dikunjungi di pulau ini.

Tempat ini disebut Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Seperti namanya, pasir pantai ini tidak berwarna putih seperti pantai-pantai pada umumnya. Pantai dengan pasir berwarna seperti ini hanya ada tujuh di seluruh dunia.

Pasir pantai ini berwarna merah muda, dikarenakan campuran yang terdiri dari sedikit serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, dan Foraminifera, Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah atau pink cerah.

Pantai ini masih sangat sepi, tidak ada hunian penduduk di sekitarnya sehingga kebersihannya masih sangat terjaga. Berada di pantai ini seperti bersantai di pantai milik pribadi, dengan air laut yang masih berwarna biru jernih berpadu warna pasir merah muda yang berasal dari pecahan batu karang.

Selain bisa bersantai, Anda juga dapat snorkeling ataupun diving di perairan pantai ini. Taman terumbu karangnya tidak kalah cantik dengan terumbu karang yang ada di Bunaken.

Saat ini, tidak lagi sulit untuk mencapai lokasi ini, karena tidak jauh dari Taman Nasional Komodo. Dari sana, pantai ini dapat melalui dua jalur, berjalan kaki selama empat jam atau apabila ingin lebih cepat menggunakan perahu dari Loh Liang.

Pantai yang tak berpenghuni dan sepi ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuan Bajo. Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu. Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekira 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda dapat melihat langsung komodo yang mendunia itu di habitat asli.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar